Programmer's Diary

Sebuah diary mahasiswa Teknik Informatika.

Microsoft Technology Update Road Trip 2011 – Day 2 @iSTTS

Posted by Alexander Rahardjo on March 7, 2011

Pada hari Kamis tanggal 3 Maret 2011, yang merupakan hari kedua dari rangkaian acara Microsoft Technology Update Road Trip 2011, MSP Regional Jawa Timur bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika iSTTS mengadakan acara tersebut di Institut Sains Terapan dan Teknologi Surabaya. Tujuan utama dari acara ini adalah memberikan update mengenai teknologi terbaru dan pengenalan program-program akademik dari Microsoft khususnya bagi mahasiswa di Institut Sains Terapan dan Teknologi Surabaya.

Acara berlangsung pada pk 14.00 – 17.00 WIB di Ruang U401, iSTTS. Pembicara dalam kegiatan kali ini, yaitu: Jeffrey Hermanto Halimsetiawan (MSP ITS), Reza Adhitya Saputra (MSP ITS),  Taufan Ardhinata (MSP PENS-ITS) dan Julius Fenata (Academic Developer Advisor Microsoft Indonesia).

Acara ini diawali dengan sesi pertama yang diisi oleh Jeffrey Hermanto Halimsetiawan (MSP ITS). Pada sesi ini dijelaskan mengenai asal mula teknologi MultiPoint, penerapan aplikasi MultiPoint, sekilas mengenai Windows MultiPoint Mouse SDK 1.5.1, membangun aplikasi Flash dengan memanfaatkan Microsoft MultiPoint SDK 1.1 dan diakhiri demo aplikasi flash multipoint bernama Petualangan Aksara di Tanah Jawa.

IMG_4491

Berikut adalah materi presentasi MultiPoint:

Kemudian sesi dilanjutkan dengan materi tentang Augmented Reality with GoblinXNA dibawakan oleh Reza Adhitya Saputra (MSP ITS). Diawali dengan penjelasan singkat mengenai augmented reality, penjelasan mengenai GoblinXNA dan ALVAR, serta diakhiri dengan demo aplikasi yang menampilkan berbagai macam robot sesuai dengan marker yang tampil pada kamera.

IMG_4499IMG_4507

Berikut adalah materi presentasi Augmented Reality:

http://cid-2bdf91f60cc2716d.office.live.com/embedicon.aspx/MSP%20Events/20110302%20-%2020110305%20Microsoft%20Technology%20Update%20Road%20Trip%202011/Presentation/Augmented%20Reality/developing-ar-application.pdf

Materi selanjutnya dibawakan oleh Taufan Ardhinata (MSP PENS-ITS) mengenai Windows Phone 7. Penjelasan ini dimulai dari hardware dari Windows Phone 7 lalu Windows Phone 7 dari sisi consumer dan developer. Sesi ini diakhiri dengan demo aplikasi sederhana Hello World di emulator Windows Phone 7 dan game XNA di Windows Phone 7.

IMG_4515

Berikut adalah materi presentasi Windows Phone 7:

Acara selanjutnya diisi oleh Bapak Julius Fenata yang memberikan penjelasan mulai dari MSDN AA, Did You Know?, showcase aplikasi WPF, Silverlight, XNA dan Microsoft Surface dalam bentuk video serta Imagine Cup sebagai kompetisi IT terbesar di dunia. Sesi ini diselingi beberapa sesi tanya jawab kepada penonton yang disertai pembagian beberapagoodies kepada penonton yang bertanya.

IMG_4521

Acara ini diakhiri oleh demo langsung game Kinect Adventures dengan Microsoft Kinect oleh beberapa MSP yang kemudian dicoba secara langsung oleh beberapa peserta. Demo Kinect ini memperoleh antusias yang sangat besar dari penonton.

IMG_4539

Berikut adalah beberapa foto yang menunjukkan antusiasme peserta acara ini dan demo Kinect yang dilakukan oleh para MSP.

IMG_4540IMG_4556

Semoga dengan adanya acara ini dapat menumbuhkan motivasi mahasiswa iSTTS untuk berkarya dengan menggunakan teknologi-teknologi terbaru Microsoft untuk berkompetisi dalam Imagine Cup 2012 tahun depan. Terima kasih kepada Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika iSTTS yang telah membantu menyukseskan acara ini.

One Response to “Microsoft Technology Update Road Trip 2011 – Day 2 @iSTTS”

  1. […] Microsoft Technology Update Road Trip 2011 – Day 2 @iSTTS […]

Leave a comment